SELF-LOVE RITUAL: BE KIND TO YOUR BODY

December 3, 2019
SELF-LOVE RITUAL: BE KIND TO YOUR BODY image

Saat ini kata “self-love” sudah sering menjadi topik yang dibicarakan khususnya untuk para perempuan. Melalui artikel sebelumnya “Steps to Increase Self-Love”, sudah dijelaskan sedikit bahwa secara general, self-love adalah kemampuan untuk menghargai, menghormati, memahami, dan penerimaan diri dalam berbagai aspek. Namun perlu dipahami bahwa penerimaan diri berbeda dengan pasrah. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki tubuh yang sudah masuk kategori obesitas lalu mendengar soal self-love malah berujung pasrah. Contoh lain, mungkin ada yang memiliki wajah kusam namun cenderung pasrah dengan alasan self-love. So in those cases, they accept their flaws but they don’t do anything to fix it.

Salah satu cara melakukan self-love adalah dengan cara mengetahui bagaimana caranya kita merawat dan menjaga kesehatan tubuh kita, because self-love means accepting yourself while at the same time upgrading and growing to be the better version of yourself. Memang untuk mengubah kebiasaan bukanlah perkara mudah. Namun jika didasari oleh niat dan rasa cinta terhadap diri sendiri untuk menjalani cara pola hidup sehat dan tentunya harus berkomitmen dalam melakukan hal tersebut.

Berikut terangkum cara pola hidup sehat yang bisa kamu mulai jalani untuk mendapatkan hidup yang berkualitas.

 

Drink Only Water

Setiap orang disarankan minum air putih setidaknya 6-8 gelas atau 2 liter per hari. Air putih adalah satu-satunya minuman yang baik untuk tubuh, karena nggak ada bahan pengawet serta mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengan cairan tubuh. Air putih juga nggak mengandung glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. So try to only drink water and you’ll thank yourself later.

 

Stay Organic

Saat ini, sangat banyak makanan dan minuman hasil dari olahan pabrik dimana proses produksi yang panjang memerlukan waktu yang lama untuk sampai pada konsumen. Hal ini menyebabkan makanan dan minuman tersebut membutuhkan bahan pengawet yang nggak baik untuk tubuh. Yuk, mulai hindari mengonsumsi fast food, minuman manis, alkohol, serta makanan instan dan processed food seperti sosis dan makanan kalengan karena nggak ada kandungannya yang baik untuk tubuh. Stick to the organic.

 

Do Sport

“Bisa nggak diet doang tapi nggak usah olahraga?” Jawabannya, nggak bisa. Mungkin dengan porsi makan yang sedikit dan sehat, kamu akan cepat mendapatkan bentuk badan yang lebih kecil. Namun apa bagusnya memiliki bentuk badan kecil jika nggak toned dan kamu nggak fit? Olahraga lah setidaknya 10-30 menit sehari, nggak harus langsung dua jam sehari jika masih dalam tahap-tahap awal. In sport, everything is about consistency and repetition. Baru seiring dengan berjalannya waktu silahkan tambah jam olahragamu sesuai dengan kemampuan. Bagi kamu yang bingung, kamu bisa banget untuk cek kanal Youtube dari Emi Wong disini. Emi banyak membuat video cara berolahraga di rumah hanya dengan 10 menit saja. It doesn’t take long, right?

 

Sleep Regularly

Dengan tidur yang cukup, badan juga makin sehat! Tapi, ada hal yang menarik dari urusan tidur ini. Di satu sisi, banyak yang mulai menyadari manfaatnya, sehingga mereka pun sangat menjaga kualitas tidurnya sebagai cara menjaga kebugaran tubuh; tapi di sisi lain, gaya hidup sehari-hari juga bisa membuat beberapa orang lainnya rela melepas jam tidurnya demi aktivitas lain. Seolah tak terlalu khawatir kalau mereka kekurangan jam tidur. Alasannya bisa karena memang ada acara yang mesti dihadiri sampai dini hari, atau memang menggunakan waktu tidur atau istirahat untuk menggarap pekerjaan yang tak tuntas dikerjakan pada jam kantor. Apapun itu, intinya masih banyak juga orang yang biasa saja jika pola tidurnya masih berantakan. Hindari kebiasaan itu, karena tubuh kita jelas butuh istirahat setelah dan sebelum beraktivitas. Jadi usahakan untuk tidur cukup, dengan durasi yang dianjurkan, yaitu sekitar 7-8 jam per hari.

 

Penerimaan diri secara fisik merupakan sebuah perjalanan yang berbeda pada setiap orang. Penerima artinya nggak menyesali atau malah lari, namun merasa berhak untuk menentukan apa yang akan dilakukan pada tubuh dan pastinya yang terbaik. So, ready to start your healthy lifestyle journey?