STEPS TO INCREASE SELF-LOVE

By Grace Julia
November 12, 2019
STEPS TO INCREASE SELF-LOVE image

Self-love, kata yang belakangan kerap terdengar. Apalagi jika kamu mengikuti campaign #FIRSTLOVEYOURSELF yang sedang This Is April canangkan beberapa minggu ini. Secara definisi, kurang lebih self-love berarti kemampuan untuk menghargai, menghormati, dan memahami diri sendiri. Kita bisa realistis dan jujur pada diri sendiri tentang kekuatan maupun kekurangan kita dan menerima semua itu. Jika didengar-dengar, mirip seperti kita mencintai orang lain, bukan? Bedanya ini pada diri sendiri.

Namun tentu saja kehidupan nggak selurus definisi. Ada begitu banyak hal yang nggak terduga di luar kendali kita yang menggoyahkan self-love ini. Salah satu contohnya dan tentu yang paling sering kita dapat adalah komentar dan perlakuan orang lain terhadap kita. Mendapatkan komentar dan perlakuan yang sifatnya menghakimi dari lingkungan tentu nggak mudah. Minder, takut dikomentari yang jelek, takut dinilai buruk, akhirnya membuat kita stress sendiri. Apalagi ditambah jika kita belum mencintai diri kita sendiri.

Let’s be honest, kita nggak bisa mengontrol orang lain untuki nggak bersikap buruk pada kita. That’s why we need to stand up for ourselves by loving ourselves first. When we love ourselves, we will accept who we are. And when we accept who we are, we will act positively and keep on growing and upgrading ourselves.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mencintai diri sendiri, bahkan saat orang lain dan keadaan sedang nggak baik-baik saja? Seperti cinta kepada orang lain, disitu jugalah letak ujiannya. Berikut ada beberapa langkah awal yang bisa kita lakukan untuk mencintai diri sendiri. Yuk, dibaca, renungkan, dan mulai membiasakannya.

 

Know Yourself First

Kenali dirimu sendiri dengan cara luangkan waktu khusus untuk self-talk. Bicara dan berdialog lah dengan diri sendiri agar kamu bisa mengenali siapa diri kamu. Tanyakan hal seperti apa kelebihanmu, apa kekuranganmu, apa yang membuatmu bahagia dan apa yang nggak, siapa orang-orang yang kamu perlukan dan selalu ada untukmu, dan sebagainya. Lalu maafkanlah juga dirimu sendiri atas kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, bukan? So now stop judging yourself. Selama kamu terus-menerus masih mengutuk dan menyalahkan diri sendiri, maka kamu akan tetap kesulitan mengenali dan menerima diri kamu apa adanya.

 

Stop Nethink & No More Comparison

Setelah mengenal dirimu sendiri, coba berhenti untuk berpikiran negatif tentang diri kamu sendiri. Hal itu bisa menyebabkan kamu benci pada diri sendiri dan mulai membandingkan diri dengan orang lain. Setelah membandingkan diri dengan orang lain, timbul rasa insecure dan finally hilanglah sudah self-love pada dirimu. So, no more negative thoughts and no more comparison. Percayalah kalau setiap orang memiliki keunikannya masing-masing, entah itu fisik, skills, personality, dan lain-lain. Be proud of you who are.

 

Change Your Mindset

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, kita nggak bisa mengontrol orang lain untuk nggak bersikap buruk pada kita. Memang rasanya menyakitkan, we know that. Bahkan hal-hal tersebut bisa membuat energi kita habis. When it’s start to happen, menepilah dahulu. Istirahat sejenak dan atur nafas. Percayalah, this really helps agar kamu bisa lebih tenang menghadapinya.

 

Find Your Happy Place

Setiap orang pasti ada masa sedang ingin sendiri, even the extroverts. Apalagi jika sedang banyak pikiran. It’s totally okay to feel down sometimes, but don’t let it drain you too long. Nah, kalau sedang ingin sendiri, kamu biasanya kemana? Find it. Kalaupun itu hanya di dalam kamar, it’s okay, take your time alone. Tapi pastikan kalau teman-tempat tersebut bisa membuatmu recharge semangat dan aura positif dalam diri ya.

 

Do Self-love Ritual

Self-love is actually has a broad scope. Self-love nggak hanya sekedar mencintai diri sendiri, namun juga dapat dilihat dari aspek lain, yaitu cara kamu mengatur waktu me-time, keuangan, waktu untuk olahraga, pola makan, dan lain-lain. We will talk more about this next week!

 

So stay tuned and toss away that gloomy face and start believing that you’re doing great! See you on another self-love dialogue next week! Remember, #FIRSTLOVEYOURSELF.